Minggu, 23 Agustus 2009

Unek-Unek Inisiasi Susulan

ditulis oleh Herdi Wongso

Hari ini adalah hari Sabtu, tepatnya tanggal 22 Agustus 2009 merupakan hari Inisiasi Susulan atau inisiasi gelombang ke 2 di UAJY. Memang hari ini melelahkan, dimulai dari bangun tidur yang harus lebih pagi dari biasanya karena sebelum inisiasi diadakan, para Mahasiswa Baru diberitahukan untuk berkumpul di kampus FISIP setengah jam sebelum acara inisiasi dimulai yaitu pukul enam pagi. Setelah berkumpul dan berbaris, kami langsung saja berbaris menuju lapangan depan kampus 2 UAJY. Kami mendapatkan beberapa pengarahan dan sampai pada akhirnya kami dipersilahkan untuk naik ke ruang auditorium untuk mendengarkan pengarahan serta pengenalan-pengenalan seputar lingkungan UAJY.

Pada saat pengarahan dan pengenalan seputar kampus UAJY ini banyak peserta yang mengeluh dan berbisik, “Cape yahh!! Ngantuq banget deh gw!!” hal ini juga ada terlintas dalam benak pikiranku. Aku merasakan bahwa inisiasi susulan ini berkesan membosankan karena hanya duduk mendengarkan penjelasan-penjelasan dan makan secara terus menerus. Justru yang saya harapkan pada inisiasi ini adalah supaya bisa berkenalan dengan teman-teman yang belum pernah dikenali sebelumnya, tapi kenyataannya malah mendengarkan penjelasan-penjelasan yang membosankan dan hal itu sebenarnya bisa dibaca sendiri oleh para mahasiswa baru lewat buku pedoman atau selebaran-selebaran lainnya.

Jikalau inisiasi hanya untuk datang mendengarkan pengenalan seputar universitas saja tanpa suasana pengakraban bagi mahasiswa baru sama saja hasilnya “NOL BESAR”. Jikalau hanya sekedar makan dan duduk-duduk sambil mendengarkan orang lain berbicara hal ini juga bisa dilakukan di rumah tanpa perlu datang ke universitas. Menurut saya yang penting dalam inisiasi adalah pengenalan lingkungan baru dan pengenalan pada rekan-rekan semua lewat pengakraban seperti diselingi permainan, diskusi, atau hal lainnya yang dapat membuat para mahasiswa baru saling mengenal sehingga bisa terjalin persahabatan yang baik dari semua mahasiswa baik yang sudah terlebih dahulu berkuliah (senior) dengan para mahasiswa baru atau dengan sesama mahasiswa baru. Saya rasa hal itu yang wajib ada dalam sebuah inisiasi.

Adapun saya merasa aneh ketika pertama kali saya masuk kuliah tanggal 18 Agustus 2009 yang lalu, dimana saya belum mengenal siapapun yang ada di kampus itu, sedangkan ada yang sudah saling mengenal lewat inisiasi pertama. Mereka ada yang berkata bahwa saling mengenal lewat permainan, diskusi forum yang diberikan oleh panitia inisiasi fakultasnya. Jadi jika diselingi oleh pengakraban saya rasa para mahasiswa baru akan hilang sejenak rasa bosan yang menghampiri dan melupakan sejenak masalah yang ada dipikirannya karena adanya hal-hal yang bisa membuatnya kembali fresh lewat pengakraban antar mahasiswa baru dengan sesamanya ataupun dengan kakak-kakak angkatan yang bergabung dalam panitia inisiasi. Hal ini baik adanya agar tercipta hubungan yang harmonis kepada seluruh keluarga besar UAJY.

Saya berharap untuk kedepannya inisiasi hanya diadakan satu kali saja agar para mahasiswa baru bisa lebih saling mengenal dan tidak mengelompok melainkan bersatu padu menjadi satu menjadi keluarga besar UAJY..

Terima kasih…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar